Donasi untuk situs islamqa.info

Kami memohon donasi dengan suka rela untuk mendukung situs ini, agar situs anda -islamqa.info – berkelanjutan dalam melayani Islam dan umat Islam insyaallah

Jika Tidak Bersujud Dengan Tujuh Anggota Badan, Maka Shalatnya Batal

21-02-2017

Pertanyaan 33761

Sebagian orang yang shalat bisa diperhatikan bahwa pada saat mereka bersujud mereka mengangkat salah satu telapak kakinya atau keduanya, maka bagaimanakah hukum perbuatan tersebut ?

Teks Jawaban

Alhamdulillah.

Diwajibkan bagi orang yang sujud bertumpu pada tujuh anggota tubuh yang telah diperintahkan oleh Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam-, yaitu; wajah (termasuk dahi dan hidung), dua telapak tangan, dua lutut, dan jemari dua kaki.

Imam Nawawi berkata:

“Jika ada masalah pada salah satu anggota tubuh tersebut, maka shalatnya tidak sah”. (Syarah Muslim)

Syeikh Ibnu Utsaimin berakata:

“Tidak dibolehkan bagi orang yang sujud mengangkat salah satu dari tujuh anggota tubuh tersebut; karena Nabi –shallallahu ‘alaihi wa sallam- berkata:

( أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ ) رواه البخاري(812) ومسلم(490)

“Aku diperintahkan untuk bersujud pada tujuh tulang: dahi, lalu beliau menunjuk dengan tangannya pada hidungnya, kedua tangan, kedua lutut dan jari-jemari kedua kaki”. (HR. Bukhori: 812 dan Muslim: 490)

Karena mengangkat kedua kaki atau salah satunya, atau mengangkat kedua tangannya atau salah satunya, dahi atau hidung atau kedua-duanya, maka sujudnya batal dan tidak dianggap sudah bersujud, dan jika sujudnya batal maka shalatnya batal.

Liqoaat al Baab al Maftuuh / Syeikh Ibnu Utsaimin: 2/99.

Hukum-hukum seputar salat Tata cara Shalat
tampilan di situs islamqa.info