Donasi untuk situs islamqa.info

Kami memohon donasi dengan suka rela untuk mendukung situs ini, agar situs anda -islamqa.info – berkelanjutan dalam melayani Islam dan umat Islam insyaallah

Terus Menerus Melakukan Dosa Kecil Menjadikannya Dosa Besar

07-07-2024

Pertanyaan 130711

Ada dua kemaksiatan dalam Islam, yang pertama adalah kemaksiatan besar dan yang lainnya adalah kemaksiatan kecil. Pertanyaanku adalah apakah onani dan menonton video porno termasuk dosa besar atau kecil? Apa hukumannya dari kemaksiatan tersebut di neraka?

Teks Jawaban

Alhamdulillah.

Bagi setiap mukmin seharusnya menjauhi semua gambar dan film-fim yang membangkitkan syahwat dan menjadikan melakukan kemaksiatan seperti onani atau zina sehingga menjauhi hal itu merupakan suatu sarana untuk membentengi dari sesuatu yang diharamkan. Tidak diragukan lagi bahwa menyaksikannya dan terus menerus melakukannya termasuk dosa besar, karena tidak ada dosa kecil ketika dilakukan terus menerus. Siapa yang terus menerus melakukan hal itu termasuk terjerumus dalam dosa besar. Berbeda kalau dia hanya menonton sekali saja seperti pandangan yang tidak sengaja dan semisal itu hal itu termasuk dosa kecil. Begitu juga dengan onani kalau hanya terjadi sekali saja dalam rangka untuk mengurangi tekanan syahwatnya semoga hal itu diampuni oleh Allah karena hal itu termasuk dosa kecil. Sementara kalau dilakukan terus menerus maka sudah termasuk dalam kategori dosa besar.

Fadhilatus Syekh Abdullah bin Jibrin rahimahullah

Akhlak Tercela
tampilan di situs islamqa.info